Travel
authorRia Ariyanti

8 Tempat Wisata Kota Palangka Raya yang Wajib Kamu Kunjungi

palangkaraya-kalimantan-tengah

Kalimantan Tengah, kota Palangka Raya pernah menjadi kandidat untuk pemindahan Ibukota Indonesia yang baru di era pemerintahan Jokowi, Presiden RI. Serta dahulu pernah juga direncanakan oleh Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno.

Kalimantan Tengah merupakan wilayah terbesar yang ada di Indonesia dan memiliki daya tarik tersendiri. Terkenal dengan provinsi yang masih asri akan hutan borneo, membuat Kalimantan Tengah memiliki beberapa destinasi wisata yang tak kalah menarik dari wisata di kota-kota besar.

Inilah rekomendasi dari Ubeauty, rekomendasi lokasi wisata yang ada di Kalimantan Tengah.

Kum Kum

Tempat ini merupakan kebun binatang mini, dimana terdapat berbagai jenis binatang alam seperti buaya, monyet, burung bahkan beruang madu.

Tak hanya melihat jenis-jenis binatang, kamu juga bisa menyaksikan sebuah perahu kecil maupun speed boat yang melintas di sungai Kahayan karena tempat wisata ini berdiri di pinggir sungai Kahayan.

Untuk kamu yang ingin bersantai bersama keluarga, kamu bisa menyewa pondok kecil yang tersedia. Tak lengkap jika kamu tidak mencicipi hidangan kuliner khas Kalimantan Tengah, kamu bisa memesan makanan dan minuman di tempat ini juga.

kumkum

Untuk lokasi tidak jauh dari pusat kota. Perlu waktu sekitar 24 menit dari Bandara Tjilik Riwut. Kamu akan melintasi jembatan Kahayan yang merupakan salah satu ikon Kalimantan Tengah.

Bagaimana? Daripada penasaran, ayo ajak kerabat, pacar maupun keluargamu untuk berkunjung ke Palangka Raya.

Wahana ATV Tumbang Nusa

Belum pernah mencoba wahana ATV? Tempat ini patut untuk kamu kunjungi. Untuk menuju lokasi ini akan memerlukan waktu sekitar 40 menit dari Tjilik Riwut Airport.

Tempat ini masih sepi pengunjung karena belum terekspos oleh para wisatawan. Disini kamu bisa menyewa motor ATV untuk orang dewasa seharga Rp. 50.000 per 15 menit untuk satu orang dan mereka menyediakan ATV untuk anak-anak. Hal yang dapat kamu lakukan juga adalah bersantai di ayunan/hammock yang tersedia. Kamu bisa menyewa tempat ini untuk acara pribadi loh, misalnya acara ulang tahun, arisan, reuni dll karena mereka menyediakan beberapa pondok disini.

Wahana ATV Tumbang Nusa

Selain itu, tempat ini juga menyediakan makanan yang bisa kamu pesan, seperti bakso maupun mie instan. Untuk harga tiket masuknya sangat lah murah yaitu Rp. 10.000 per orang.

Pesona Alam Lestari (PAL)

Rekomendasi yang ketiga adalah Pesona Alam Lestari. Wisata ini berlokasi di jalan RTA Milono berjarak sekitar 9,5km dari bundaran kecil. Tempat ini cukup jauh dari jalan besar, tapi tidak perlu cemas karena ada papan penunjuk arah yang akan membantu dan kamu bisa menggunakan bantuan Google Maps atau bisa bertanya dengan penduduk lokal.

Ditempat ini terdapat berbagai wahana seperti kolam renang, tempat bermain anak, pondok santai. Kamu bisa bersantai sambil duduk di tepi danau dan menceburkan kakimu sambil bermain air. Lokasi ini sangat tenang dan asri dengan nuansa alam.

Pesona Alam Lestari (PAL)

Untuk menuju PAL anda bisa melewati Jalan RTA Milono sejauh 9,5 Km dari bundaran kecil, kemudian anda akan menemukan Jalan Manduhara (dengan ciri pintu gerbang di ujung jalannya). Dari muara Jalan Manduhara menuju simpang PAL sejauh ± 3,7 Km, hingga nanti anda akan melihat papan penunjuk arah PAL.

Dermaga Kereng Bangkirai

Tempat yang satu ini yang paling banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan lokal bahkan turis asing. Berlokasi tidak jauh dari tempat wisata Pesona Alam Lestari sekitar 15 menit.
Untuk tiket masuk kamu perlu membayar Rp. 10.000. Sangat murah kan?

Setelah membeli tiket masuk, kamu akan berjalan melewati pemukiman warga. Setelah itu kamu akan melihat pemandangan perahu-perahu yang terhampar di tepi sungai ini.

Dermaga Kereng Bangkirai

Jika kamu ingin menyusuri sungai, biaya yang kamu keluarkan bervariasi tergantung jarak ada yang Rp. 100.000 – Rp. 250.000 jika kamu ingin langsung pergi ke Taman Nasional Sebangau, kamu perlu membayar Rp. 450.000. Terdapat juga rel panjang jika kamu menyusuri area sungai, tempat tersebut merupakan lokasi penelitian gambut yang dikelola oleh CIMTROP.

Selain menyusuri sungai, kamu bisa menyewa bebek air dengan harga Rp. 25.000. Di tempat ini banyak hot spot foto yang bagus dan menarik, cocok untuk kamu yang eksis didepan kamera.
Waktu yang cocok untuk berkunjung kesini pada sore hari sekitar pukul 3.00-5.00 wib.

Taman Nasional Sebangau

Nah, jika kamu berkunjung ke Taman Nasional Sebangau. Kamu harus mengunjungi Dermaga Kereng Bangkirai, karena itu merupakan pintu utama untuk masuk ke Taman Nasional Sebangau. Lokasi nya terdapat di antara Sungai Katingan dan Sungai Sebangau.

Daya tarik berwisata disini adalah kamu menyusuri sungai dengan air berwarna hitam bak air teh, banyak yang mengatakan bahwa air tersebut dapat diminum. Taman ini merupakan habitat hewan yang sudah mulai langka seperti orangutan, musang pohon, beruk, bekantan dan masih banyak lagi. Jika menatap ke atas langit, banyak pemandangan menarik yaitu burung-burung bergerombol beterbangan di langit.

Taman Nasional Sebangau

Untuk menuju ke tujuanmu ini, sebaiknya kamu berangkat di pagi hari karena waktu tempuh perjalan sangat lama. Disana juga menyediakan tempat penginapan jika kamu ingin bermalam. Perjalanan jauh dan lelahmu akan terbayarkan dengan indahnya nuansa alam seiring melintasi sungai yang hangat.

Untuk menuju Taman Nasional Sebangau kamu harus merogoh kocek sekitar Rp. 500.000. Supaya meringankan biaya, ajak kerabat, pacar maupun keluarga mu. Perahu ini berkapasitas 2-5 orang.

Pelabuhan Teluk Kaja

Satu lagi nih tempat wisata untuk melihat orangutan secara langsung yaitu Pelabuhan Teluk Kaja. Terletak di desa Sei Gohong, Tangkiling, Palangka Raya. Hanya menempuh perjalanan sekitar 35 – 45 menit dari pusat kota. Tempat ini merupakan rumahnya orangutan. Para orangutan akan dirawat di pulau ini sebelum mereka dilepaskan ke habitat mereka dan objek wisata ini dipantau oleh Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF). Oleh karena itu jika kamu berkunjung harus mengisi daftar tamu dan kamu juga bisa memberikan donasi sukarela untuk membantu berlangsungnya kehidupan orangutan.

Taman Nasional Sebangau new

Objek wisata ini mirip dengan wisata susur sungai di Dermaga Kereng Bangkirai. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 250.000 untuk membayar biaya sewa perahu mesin dengan kapasitas 4 pengunjung kamu akan menikmati pemandangan hutan belantara. Jika kamu mulai menyusuri sungai pada sekitar jam 09.00 pagi, para staf dari BOS akan melakukan feeding time untuk orangutan. Jadi kamu berkesempatan untuk melihat orangutan makan secara langsung.

Pesisir Pantai Teluk Bogam

Kamu memang tidak akan menemukan Pantai di kota Palangka Raya. Tapi jika kamu berkunjung ke kabupaten Kotawaringin Barat, Kec Kumai. Kamu akan menemukan pantai Teluk Bogam.

Jarak yang ditempuh sangat jauh dari kota Palangka Raya menuju kabupaten ini. Tapi sangat worth it kok, karena daerah ini menawarkan banyak lokasi wisata yang sungguh menawan.

Pantai Teluk Bogam mempunyai keunikan karena terletak di hamparan pasir berwarna putih yang berada di tengah laut atau bisa disebut dengan Gosong Baras Basah. Untuk mencapai pasiran ini kamu perlu menaiki transportasi kelotok atau perahu mesin. Di Daerah ini banyak tumbuh pohon sejenis bakau.

Pesisir Pantai Teluk Bogam

Pemandangan disini sangat memukau mata. Kamu dapat menikmati sunrise ataupun sunset. Selain itu, kamu bisa sambil bermain pasir di bibir pantai dan berjemur. Disini juga terdapat nelayan yang bekerja mencari ikan.

Taman Nasional Tanjung Puting

Tempat wisata yang terakhir adalah Taman Nasional Tanjung Puting. Masih berada di Kabupaten yang sama Kotawaringin Barat, desa Teluk Pulai. Tempat ini banyak sekali di kunjungi oleh wisatawan asing dari berbagai negara di dunia.

Yang membuat wisata ini menarik adalah dimana kamu akan melihat langsung hewan liar seperti orangutan dan disebut The Last Orangutan Sanctuary. Kamu bisa mengunjungi rehabilitasi orangutan maupun menyusuri sungai Sekonyer.

Taman Nasional Tanjung Puting New

Kamu bisa menggunakan paket tour yang ditawarkan, selama 3 hari 2 malam dan kamu akan bermalam di perahu kelotok. Tenang, perahu ini memiliki fasilitas kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang makan serta deck untuk melihat pemandangan sekitar. Selama perjalanan kamu bisa melihat secara langsung beberapa bekantan dan kera yang memiliki ciri unik berhidung besar. Serta, kamu dipersilahkan untuk berinteraksi langsung dengan orangutan.

Sangat menarik bukan menikmati pemandangan hutan dan menyaksikan langsung kehidupan satwa liar disana. Tunggu apalagi! Ayo atur jadwal liburmu dari sekarang.

Popular
Artikel Terkait
Menu