Lifestyle
authorRia Ariyanti

7 Hal Yang Ampuh Untuk Menurunkan Berat Badan Saat Liburan Dirumah

7 hal yang ampuh untuk menurunkan berat badan saat liburan dirumah

Selama libur dirumah tentunya banyak hal yang dapat kita lakukan, seperti bermalas-malasan, menghabiskan waktu dengan movie marathon, berkebun, memasak dll. Berpengaruh nggak sih dengan berat badanmu? Ya, itu akan berpengaruh membuat timbangan badanmu semakin naik jika yang kamu lakukan hanya makan dan tidur tanpa melakukan aktifitas yang produktif.

Kamu bisa menjaga keseimbangan berat badanmu bahkan kamu juga bisa menurunkan berat badanmu. Berikut hal-hal yang dapat kamu lakukan selama libur dirumah untuk menurunkan berat badanmu.

Bangun Pagi

bangun pagi

Saat libur tentunya kamu bebas untuk menentukan jam berapa kamu akan bangun. Alangkah baiknya, kamu mengatur alarm pagi mu di jam 6 atau 7. Bangun pagi sangat baik untuk kesehatan mental dan fisikmu dan pastinya aktifitas mu akan lebih produktif.

Saat kamu sudah berhasil bangun dipagi hari, cobalah untuk melakukan aktifitas fisik ringan paling tidak 10 – 30 menit seperti stretching, jalan santai disekitar komplek rumah, bermeditasi, atau apapun itu yang berkaitan dengan aktifitas fisik. Tentunya, saat melakukan salah satu hal tersebut, kamu sudah membakal kalori loh dan jangan lupa sebelum beraktifitas, minum air dulu ya!

Sarapan Menu Sehat

Sarapan Menu Sehat

Apakah kamu termasuk orang yang terbiasa sarapan pagi dengan menu berat seperti nasi, nasi goreng, mie instan atau ayam goreng lalapan atau kamu termasuk golongan orang yang tidak terbiasa dengan sarapan pagi?

Ubah kebiasaan tersebut! Untuk kamu yang terbiasa mengawali sarapan pagimu dengan menu berat, kamu bisa menggantinya dengan roti gandum selai kacang, telur dadar, oatmeal, buah-buahan kentang atau sup yang terdiri dari sayuran. Pastikan masih dalam porsi tidak jumbo ya.

Nah, jika kamu tidak terbiasa sarapan, kamu bisa mencoba perlahan untuk membiasakan diri. Cobalah dengan menyeduh kopi atau teh hangat dipagi hari atau meminum susu rendah lemak, kamu bisa mencoba mengkonsumsi oatmeal dengan takaran 3-5 sdm dan kombinasikan dengan pisang atau chia seed. Patut dicoba nih!

Membersihkan Rumah

Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah masih bisa dikatakan berolahraga, ya karena sama-sama melakukan aktifitas fisik. Saat membersihkan tanpa disadari kamu sudah membakar kalori ditubuhmu sebanyak 100 – 300 kalori, tergantung dari durasi dan efisiensi mu dalam melakukan hal ini.

Lakukan ini saat kamu bangun tidur dipagi hari. Pertama, kamu bisa menyapu rumahmu terlebih dahulu dan setelah itu kamu bisa mengepel lantai rumahmu.

Makan Siang Sehat

Makan Siang Sehat

Saatnya makan siang nih! Kamu bisa memasak untuk makan siangmu tapi dengan menu yang sehat ya. Jika kamu terbiasa dengan makanan yang digoreng (deep frying), berkalori tinggi atau junkfood, gantilah dengan menu yang lebih sehat dan rendah kalori tapi kamu harus kendalikan porsi makanmu ya!

Kamu masih bisa makan enak namun tetap sehat seperti memasak cap-cay, kukus tahu, nasi goreng sayur, tumis sayur, olahan telur dan yang terpenting sambal harus ada. Karena biasanya orang Indonesia identik dengan pecinta sambal.

Hindari memasak dengan metode deep frying atau goreng rendam. Kamu masih bisa menggunakan minyak untuk menumis tapi hanya dengan takaran 1 – 2 sdm atau kamu bisa memasak dengan metode boiling (merebus), grilling (memanggang), steaming (mengukus) dan saute (menumis).

Olahraga

Olahraga

Sudah sore hari, saatnya melakukan workout. Kamu tidak harus pergi kepusat kebugaran atau gym apalagi kamu masih malu-malu karena banyaknya orang ditempat tersebut. Memang sih kamu tidak memiliki peralatan olahraga yang lengkap seperti di tempat gym bukan berarti kamu tidak bisa berolahraga.

Kamu bisa mempraktekan olahraga dari menonton youtube seperti HIIT cardio, mengangkat beban dengan peralatan yang ada dirumah, zumba, hip-hop dance dan masih banyak lagi.

Makan Malam Menu Sehat

Makan Malam Menu Sehat

Nah, untuk makan malam kamu bisa menyantap buah-buahan segar, salad sayur, yoghurt, roti tawar, telur rebus, ubu-ubian, jagung rebus, daging panggang, nasi (porsi sedikit) dan untuk minuman kamu bisa membuat jus buah-buahan, jus sayur, es teh (less sugar), kopi susu rendah lemak. Tidak menyiksa tentunya!

Hindari Begadang

Hindari Begadang

Jangan mentang-mentang libur, kamu seenaknya tidur larut malam, bahkan bisa jadi kamu tidur pada jam 2 pagi. Wow, please jangan lakukan hal ini karena ini berdampak buat kesehatanmu dan juga penampilanmu.

Jika kamu kebiasaan begadang, pastinya lingkaran matamu akan menjadi gelap atau hitam seperti mata panda, daya tahan imun mu juga akan menurun yang menyebabkan kamu mudah terserang penyakit, merasa mengantuk terus-terusan, metabolisme terganggu sehingga berat badanmu susah turun.

Percuma kan kamu sudah makan makanan yang sehat, rajin berolahraga, eh kamu tidurnya jam 2 pagi.

Jika kamu disiplin melakukan 7 hal tersebut selama libur, tentunya kamu akan terbiasa dan menerapkan hal-hal diatas sebagai pola hidup sehatmu setiap hari. Lakukanlah secara perlahan tapi pasti. Karena tidak ada usaha dan niat yang sia-sia jika kita memiliki komitmen dan disiplin untuk hidup sehat!

Popular
Artikel Terkait
Menu