Lifestyle
authorRia Ariyanti

Kenali 6 Tanda ini Bahwa Kamu Kurang Minum Air Putih yang Berakibat Buruk untuk Mental dan Fisik

6 tanda bahwa kamu kurang minum air putih

Tahukah kamu bahwa sebagian tubuh manusia terdiri dari air. Karena itu air putih sangat diperlukan oleh tubuh kita agar dapat berfungsi dengan baik. Jika kita sering mengabaikannya, maka tubuh akan mengalami dehidrasi yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Berikut 6 tanda yang timbul jika mengabaikan minum air putih.

Fisik lebih cepat lelah

Fisik lebih cepat lelah

Tanda bahwa kamu kurang minum air putih adalah mudah lelah. Ketika kamu kurang mengkonsumsi air putih yang cukup fungsi otot, syaraf dan organ tubuh lainnya ikut menurun.

Itulah mengapa pentingnya mencukupi kebutuhan air putihmu minimal 2 liter atau 8 gelas perhari agar aktifitasmu lebih produktif.

Mudah lapar

Mudah lapar

Jika kamu merasa sering lapar, ini bukan berarti perutmu memerlukan asupan makanan. Bisa jadi rasa lapar bisa ditimbulkan karena haus dan dehidrasi. Tubuhmu membutuhkan cairan yang cukup.

Perlu diingat, bahwa meminum air putih murni tanpa tambahan gula atau perasa buatan sangat baik dalam meningkatkan metabolisme.

Kulit menjadi kering dan kusam

Kulit menjadi kering dan kusam

Menggunakan perawatan badan atau skincare wajah tentu tidak cukup. Kulit perlu tetap terhidrasi sepanjang waktu. Oleh karena itu dengan cukup dengan minum air maka kulitmu akan tetap terawat dan tidak mudah kering atau kusam.

Penyakit ginjal

Penyakit ginjal

Efek yang sangat berbahaya bila kamu mengabaikan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup adalah gangguan ginjal.

Ginjal berkerja untuk mengeluarkan racun, urea serta garam dari tubuh dan dapat menyebabkan penyakit kronis.

Masalah seperti batu ginjal akan muncul jika kamu tidak mengkonsumsi air putih secara rutin.

Nyeri sendi

Nyeri sendi

Jika terlalu lama duduk dan bekerja didepan komputer, pasti banyak yang mengeluhkan nyeri otot atau pinggang terasa sakit, hal ini terjadi karena gesekan antar sendi yang menyebabkan arthritis atau radang sendi.

Hal ini dapat dihindari dengan minum air putih sebanyak mungkin. Karena air berfungsi sebagai penyusun tulang rawan dan pelumas persendian.

Bibir dan mulut kering⁣

Bibir dan mulut kering⁣

Jika mulut terasa kering, bibir pecah-pecah, lidah kering dan kesulitan saat menelan makanan tentu sangat tidak nyaman dan membuat risih, maka hal bisa dilakukan adalah segera minum air yang cukup.

Jangan meremehkan ke-6 tanda – tanda kurang minum air putih diatas. Untuk menghindari gejala diatas maka awali aktifitasmu dengan meminum paling tidak dua gelas air putih di pagi hari saat bangun tidur.

Popular
Artikel Terkait
Menu