Lifestyle
authorRia Ariyanti

12 Olahraga Mengecilkan Perut Yang Mudah dan Efektif Dalam 10 Hari

12 Olahraga Mengecilkan Perut Yang Mudah dan Efektif Dalam 10 Hari 1

Perut buncit atau berlemak memang sedikit mengganggu penampilan terutama untuk kaum wanita. Faktor yang menyebabkan adalah pola makan serta kalori berlebih yang dikonsumsi sehingga terjadi penimbunan lemak. Bahkan dapat menimbulkan macam penyakit seperti kolesterol, diabetes, obesitas, dll.

Maka dari itu sangat penting menjaga pola hidup dan pola makan. Diet saja tidak cukup untuk membakar lemak di perut. Maksimalkanlah dengan berolahraga secara rutin minimal 30 menit perhari. Ubeauty akan membahas tentang macam-macam olahraga yang sangat efektif dan ampuh untuk membasmi lemak di perut. Yuk simak sampai habis ya!

Sit Up

sit up exercise

Gerakan yang ini sudah sangat umum dan popular. Sit up terbukti ampuh membakar lemak di area perut dan mengencangkan otot perut.

Cara melakukan sit up:

  • Baringkanlah badan telentang di atas matras.
  • Tekuklah kedua lutut dan kedua tangan dibelakang kepala.
  • Angkat lah badan dengan dorongan otot perut.
  • Lakukan gerakan ini selama 35 detik atau 15 kali hitungan.
  • Ulangi lagi sebanyak 3 set.

Bicycle Crunch

Bicycle Crunch

Bersiaplah untuk membakar lemak secara efektif dengan gerakan bicycle crunch. Gerakan ini cukup menguras tenaga karena membuat otot perut semakin kencang. Bicycle crunch tepatnya gerakan kaki seperti mengayuh sepeda namun badan akan telentang di lantai.

Cara melakukan bicycle crunch:

  • Baringkanlah badan diatas matras.
  • Letakkan kedua tangan dibelakang kepala atau di sisi telinga.
  • Angkat sedikit posisi kepala dan tidak menyentuh matras.
  • Angkat kedua kaki hingga tidak menyentuh matras.
  • Gerakanlah kedua kaki seperti mengayuh sepeda, tekuk kaki kiri dan gerakan siku kanan sampai menyentuh lutut kiri dan lakukan gerakan yang sama untuk sisi lainnya.
  • Lakukan selama 35 detik atau 12 kali (6 kali sisi kiri dan 6 kali sisi kanan)
  • Ulangi sebanyak 3 set.

Cross Crunch

cross crunch

Gerakan lain untuk mengecilkan perut adalah cross crunch. Gerakan ini bersifat multi-purpose selain mengecilkan area perut tetapi juga membuat punggung dan otot paha menjadi kencang dan kuat.

Cara melakukan cross crunch:

  • Berbaringlah terlentang diatas matras seperti membentuk huruf (X).
  • Lengan dan kaki harus lurus dan angkat tangan kanan ke arah kaki kiri yang terangkat lurus. Angkat kepala dan bahu juga saat melakukan gerakan.
  • Lakukan selama 35 detik atau 12 kali (6 kali sisi kiri dan 6 kali sisi kanan)
  • Ulangi sebanyak 3 sets.

Lakukan dengan perlahan agar menghindari cedera.

Reverse Crunch

Reverse Crunch
Reverse Crunch
Source: i.onthe.io

Reverse crunch merupakan gerakan yang mampu memperkuat otot perut dan menghasilkan perut yang six packs dan rata jika dilakukan secara rutin.

Cara melakukan reverse crunch:

  • Berbaring lah telentang dan posisikan tangan disamping badan.
  • Kedua kaki sedikit diangkat dengan lutut ditekuk.
  • Bersamaan tekuk perut dan pinggul diangkat hingga ujung kaki naik.
  • Lakukan selama 35 detik atau 15 kali.
  • Ulangi sebanyak 3 sets.

Crunch

crunch

Gerakan dasar yang mampu dan efektif membentuk otot perut bagian atas adalah crunch. Mirip dengan sit up namun gerakan ini tidak memerlukan gerakan mengangkat badan sepenuhnya.

  • Baringkan tubuh diatas matras.
  • Letak kan kedua tangan dibelakang kepala.
  • Perlahan angkat badan dan bahu.
  • Jaga leher agar tetap dalam posisi lurus.
  • Lakukan selama 35 detik atau 12 kali (6 kali sisi kiri dan 6 kali sisi kanan)
  • Ulangi sebanyak 3 sets.

Russian Twist

Russian Twist

Gerakan Russian twist mampu melatih otot perut dan juga otot kaki. Kamu bisa menggunakan barbel ringan ataupun botol yang berisi pasir.

Cara melakukan Russian twist:

  • Duduklah di atas matras.
  • Tekuklah lutut dan pinggul 90 derajat dan telapak kaki tetap rata menyentuh lantai.
  • Peganglah barbel atau alat lainnya sebagai pemberat.
  • Posisi condong ke belakang.
  • Putarlah tubuh ke kiri dan ke kanan menggunakan otot perut.
  • Lakukan selama 35 detik atau 12 kali.
  • Ulangi sebanyak 3 set.

Leg Raise

leg raise

Gerakan leg raise cukup mudah dilakukan dan tidak perlu memerlukan alat. Berfungsi untuk mengencangkan dan membentuk otot perut bagian bawah dan walaupun terbilang mudah namun lemak di perut akan luntur terbakar jika kamu melakukan ini dengan rutin.

Cara melakukan leg raise:

  • Berbaringlah terlentang diatas matras dan letakkan tangan di lantai.
  • Kemudian angkat kedua kaki menjadi bentuk sudut siku-siku 90 derajat.
  • Turunkan kaki secara perlahan tanpa menyentuh lantai.
  • Lakukan kembali gerakan mengangkat kaki.
  • Lakukan selama 35 detik atau 12 kali.
  • Ulangi sebanyak 3 set.

Heel Touch

12 Olahraga Mengecilkan Perut Yang Mudah dan Efektif Dalam 10 Hari 2

Gerakan olahraga yang ampuh untuk membasmi lemak di perut adalah heel touch. Gerakan ini cukup mudah dilakukan tapi hasil yang didapatkan sangat memuaskan jika dilakukan dengan rutin.

Cara melakukan heel touch:

  • Baringkan tubuh telentang di matras.
  • Tekuklah kedua kaki dengan posisi lutut diatas.
  • Angkat bahu sedikit jangan terlalu tinggi.
  • Kemudian sentuhlah kedua tumit kiri dan kanan secara bergantian.
  • Lakukan selama 35 detik atau 12 kali (6 kali sisi kiri dan 6 kali sisi kanan)
  • Ulangi sebanyak 3 set.

Plank

12 Olahraga Mengecilkan Perut Yang Mudah dan Efektif Dalam 10 Hari 3

Plank merupakan gerakan umum yang terbukti sangat ampuh untuk mengecilkan perut selain itu dapat memperkuat otot inti bagian perut. Memang terlihat mudah, namun sangat perlu usaha ekstra dan hasil yang didapatkan akan sangat memuaskan jika kamu melakukan ini secara efisien dan rutin.

Cara melakukan plank:

  • Berbaringlah secara telungkup di atas matras.
  • Letakkan kedua telapak tangan dilantai.
  • Dorong badan keatas dan gunakan jari-jari kaki sebagai penopang badan.
  • Buatlah kepala, leher dan punggung berada dalam garis lurus dan stabil.
  • Tahanan posisi ini minimal 30 detik.
  • Ulangi sebanyak 3 set.

Side Plank

side plank

Masih seputar plank. Gerakan satu ini sedikit bervariasi. Side plank bisa dikatakan level kesulitannya lebih susah dibandingkan dengan plank biasa karena perlu tenaga yang ekstra dan stabil untuk menopang berat tubuh dengan satu kaki dan satu lengan.

Cara melakukan side plank:

  • Mulai dari sisi kanan, taruhlah siku berada tepat di bawah bahu kemudian lengan lurus tegak dengan tubuh.
  • Letakkan posisi kaki ditumpuk.
  • Kemudian gerakkan perut dan angkat pinggul dari lantai hingga tubuh membuat garis diagonal.
  • Lalu tahan posisi ini selama 30 detik.
  • Ulangi sebanyak 3 sets.

Plank Hip Dips

hip dip plank
hip dip plank
Source: lifehacker.com.au

Variasi plank yang lainnya adalah plank hip dips. Gerakan ini sangat mudah dilakukan dan mampu melatih otot perut agar lebih kencang.

Cara melakukan plank hip dips:

  • Ambil posisi plank.
  • Kemudian mulailah menggerakkan panggul ke kiri dan bergantian ke arah kanan hingga menyentuh lantai.
  • Lakukan selama 35 detik atau 12 kali (6 kali sisi kiri dan 6 kali sisi kanan)
  • Ulangi sebanyak 3 set.

Mountain Climber

mountain climber

Mountain climber merupakan gerakan yang berfokus pada bagian inti tubuh dan otot perut terasa lebih kencang. Gerakan ini cukup mudah dilakukan namun sangat ampuh untuk membantu membasmi masalah perut berlemak.

Cara melakukan mountain climber:

  • Ambil posisi badan seperti melakukan gerakan push up dan kedua tangan dibuka selebar bahu.
  • Gerakkan kaki kanan kedepan dan kaki kiri tetap menopang badan.
  • Lakukan ini secara bergantian setiap sisinya.
  • Lakukan selama 35 detik atau 12 kali (6 kali sisi kiri dan 6 kali sisi kanan)
  • Ulangi sebanyak 3 set.

Itulah 12 gerakan olahraga yang berfokus untuk melunturkan lemak di area perut dan menjadikan perut rata sesuai dengan impianmu. Sebelum memulai olahraga, lakukanlah pemanasan agar terhindar dari cedera maupun nyeri sendi.

Tentunya jika ingin mendapatkan hasil yang memuaskan harus dilakukan bersamaan dengan diet sehat dan olahraga secara rutin. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Video olahraga cara untuk mengecilkan lemak di perut yang

Nah, sebagai penutup Ubeauty memberikan salah satu referensi video olahraga cara untuk mengecilkan lemak di perut yang bersumber dari Channel YouTube SKWAD Fitness.

Popular
Artikel Terkait
Menu