Lifestyle
authorRia Ariyanti

Hanya Melakukan 11 Hal Ini Dirumah Berat Badan Akan Turun 7kg Tanpa Olahraga

11 cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

Dua hal antara diet dan olahraga memang hal yang tidak bisa dipisahkan untuk mendapatkan badan ideal yang di impikan. Oleh sebab itu banyak yang mengeluhkan bahwa kebanyakan orang terlalu sibuk bekerja hingga tidak memiliki waktu untuk berolahraga.

Apakah itu mustahil untuk menurunkan berat tanpa berolahraga? Ya, jawabannya berat badan masih bisa turun walaupun tanpa olahraga. Bagaimana caranya? Hanya perlu melakukan 11 cara simple ini selama seminggu dan rutin, maka berat badan impian akan kamu dapatkan.

Mengatur Menu Diet Sehat Selama Seminggu

Mengatur Menu Diet Sehat Selama Seminggu

🥗 📅 Hal pertama yang harus dilakukan dan kunci sukses untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan menyusun menu diet selama seminggu.

Buatlah memo atau jadwal menu makanan setiap harinya. Pastikan menu tersebut terdiri dari buah dan sayuran yang kaya akan serat serta protein yang cukup. Bahkan kamu bisa menerapkan meal prep dalam seminggu jika tidak ingin terlalu ribet untuk memasak setiap harinya.

Memasak Makanan Dirumah

Memasak Makanan Dirumah

🍽️ 🏡 Tips penting yang kedua adalah memasak masakan sendiri. Hal ini jauh lebih baik daripada kamu harus membeli makanan yang sudah jadi di restaurant maupun katering. Karena memasak masakan sendiri kamu tahu bahan-bahan apa saja yang sehat untuk dikonsumsi dan cocok untuk diet.

Kamu bisa belajar memasak dari mencontoh resep yang ada di internet dan membuatmu lebih irit dalam keuangan.

Mengatur Metode Memasak Lebih Sehat

Mengatur Metode Memasak Lebih Sehat

👩‍🍳🍳 Kedua hal diatas akan sia-sia jika kamu memasak dengan cara yang salah. Percuma memasak dirumah dan mengatur menu sehat tapi cara memasakmu tidak sehat.

Alangkah baiknya menghindari memasak dengan teknik menggoreng (deep-frying). Karena kalori yang terdapat pada minyak goreng akan membuat masakanmu berkalori tinggi dan berminyak.

Cobalah dengan metode merebus (boiling), mengukus (steaming), memanggang (grilling). Jika ingin menumis sayuran gunakanlah 1 sdm minyak goreng atau kamu bisa menggantinya dengan minyak kelapa.

Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

🍞🍚 Mengkonsumsi karbohidrat berlebih juga tidak baik dalam program diet. Karena dapat menimbun kalori berlebih jika kamu tidak mengontrol asupan karbohidratmu.

Kurangilah porsi karbohidrat, cukup konsumsi nasi putih sebanyak 100 gr atau kamu dapat mengganti nasi putih dengan beras merah maupun karbo kompleks lainnya seperti ubi-ubian, kacang hitam, rolled oats, quinoa dan kentang. Bahan karbo kompleks tersebut berperan sangat penting untuk menurunkan berat badanmu selama seminggu.

Perbanyak Konsumsi Protein

Perbanyak Konsumsi Protein

🥩🍗 Perbanyaklah untuk mengkonsumsi protein Menu makanan diet tanpa olahraga harus mengandung banyak protein.

Protein bisa meningkatkan rasa kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu mengonsumsi lebih sedikit kalori. Beberapa makanan yang kaya protein adalah daging, ikan, yoghurt, quinoa dan almond.

Gunakan Piring Lebih Kecil dan Porsi Lebih Sedikit

Gunakan Piring Lebih Kecil dan Porsi Lebih Sedikit

🍽️🍽️ Tips yang ke-6 ini juga sangat penting, kontrol lah porsi makanmu dengan menggunakan piring yang lebih kecil agar tidak menyebabkan kalori harian berlebih.

Karena porsi makan yang besar akan membuat naiknya berat badan. Lakukan hal ini secara efisien selama seminggu. Maka berat badan turun menjadi hal yang mungkin kamu dapatkan.

Mengurangi Konsumsi Makanan Berminyak

Mengurangi Konsumsi Makanan Berminyak

🍟❌ Faktor utama lainnya keluhan berat badan naik adalah makanan yang dikonsumsi mengandung minyak dan bisa terjadi penumpukkan lemak dibadan.

Oleh karena itu hindari lah mengkonsumsi makanan berminyak seperti ayam goreng, mie goreng serta junkfood. Jika mengabaikan hal ini maka bersiaplah berat badan bukannya turun malah akan melunjak naik.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Perbanyak Konsumsi Air Putih

👩💧 Cara efektif lainnya adalah dengan mengkonsumsi air putih sebanyak mungkin. Awali pagi hari dengan meminum air putih secukupnya.

Konsumsi lah air putih sebelum maupun sesudah makan. Ini berfungsi untuk menekan rasa lapar sehingga mencegah mu untuk makan secara berlebihan.

Mengurangi Makanan dan Minuman Mengandung Gula

Mengurangi Makanan dan Minuman Mengandung Gula

🍬 🧃 Hindarilah makanan dan minuman yang mengandung banyak gula maupun pemanis buatan. Serta kurangilah mengkonsumsi makanan dan minuman kemasan karena ini sangat berpengaruh dalam sistem penurunan berat badan.

Selain mempengaruhi diet, kadar gula yang tinggi dapat beresiko penyakit seperti diabetes, obesitas, gigi berlubang dan macam penyakit lainnya.

Produktif dan Aktif Bergerak

Produktif dan Aktif Bergerak

🚴‍♀️🏃‍♀️ Jika kamu sibuk dan tidak memiliki waktu untuk berolahraga, ini bukan masalah besar bagimu untuk menurunkan berat badan. Kamu hanya perlu lebih produktif dan aktif bergerak. Misalkan, kamu bisa menggunakan tangga daripada lift untuk pergi kekantor.

Jika berada dirumah, kamu bisa melakukan aktifitas seperti menyapu dan mengepel lantai. Tanpa disadari kamu membakar kalori dan berolahraga secara tidak langsung.

Mencukupi Durasi Tidur

Mencukupi Durasi Tidur

😴 🛌 Ketika jadwal bekerja mu yang sangat padat dan super sibuk membuat mu harus tidur hingga larut malam. Hentikanlah kebiasaan ini karena ini berpengaruh pada hormon dan dapat mengakibatkan rasa lapar di malam hari. Maka dari itu penting untuk tidur selama 7 hingga 8 jam agar fisikmu tetap bugar dan sehat.

Cukup mudah bukan? Berat badan ideal sesuai yang kamu inginkan bisa terwujud jika kamu rutin dan efektif melakukan 11 hal mudah dan ampuh tersebut dan bersabar adalah kuncinya tetap fokus pada goal atau tujuanmu. Selamat mencoba!😃

Popular
Artikel Terkait
Menu