Lifestyle
authorRia Ariyanti

Berikut 10 Manfaat Penting Cuka Apel Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Berikut 10 Manfaat Penting Cuka Apel Bagi Kecantikan dan Kesehatan 1

Cuka apel sudah banyak dikenal dan merupakan salah satu bahan alami memiliki banyak khasiat atau manfaat. Pada dahulu kala bahan ini sudah digunakan sebagai bahan pengobatan yang yang digunakan oleh para ahli kesehatan.

Mari ketahui apa saja manfaat dari cuka apel. Tapi sebelumnya ketahuilah pengertian serta kandungan yang terdapat di dalam bahan alami ini.

Pengertian Cuka Apel

Pengertian Cuka Apel

Cuka apel merupakan bahan populer untuk kalangan rumah tangga yang bisa digunakan untuk memasak, perawatan atau obat rumahan. Cuka apel merupakan suatu cairan yang diolah dengan cara menghaluskan apel kemudian diperas cairannya. Dilakukan penambahan ragi dan bakteri untuk memulai proses fermentasi.

Tak hanya ragi, penambahan gula ke dalam cairan apel untuk mengubahnya menjadi alkohol. Bakteri mengubah alkohol menjadi asam asetat. Hal inilah yang memberi rasa asam pada cuka dan merubah aromanya menjadi sangat kuat.

Kandungan Yang Terdapat di Cuka Apel

Kandungan Yang Terdapat di Cuka ApelKandungan Yang Terdapat di Cuka Apel

Selain terdapat kandungan asam asetat, ternyata cuka apel memiliki berbagai senyawa lainnya seperti; katekin, gallic, dll yang bisa bekerja sebagai anti-bacterial dan anti-oksidan.

Selain kandungan senyawa asam, cuka apel juga mengandung vitamin A, B, B1, B2, C dan E, serta magnesium, potasium, kalsium dan bahan aktif lainnya yang mana memiliki manfaat dan kegunaan tersendiri untuk tubuh.

Manfaat Cuka Apel

Terdapat 2 manfaat dari cuka apel, yaitu untuk perawatan kecantikan dan kesehatan.

Cuka Apel Untuk Perawatan Kecantikan

Cuka Apel Untuk Perawatan KecantikanCuka Apel Untuk Perawatan Kecantikan

Mampu Bekerja Sebagai Toner Wajah

Poin utama ini akan menjelaskan poin ke-2 hingga ke ke-5 tentang manfaat cuka apel untuk perawatan kecantikan. Ternyata cuka apel dapat digunakan sebagai toner wajah. Tujuannya adalah merawat kulit wajah dari berbagai masalah kulit. Anda dapat membuat toner dari cuka apel dan bisa di aplikasikan pada permukaan kulit wajah.

Cara penggunaan:

Siapkan cuka apel dan air bersih/mineral dan wadah bersih. Campurkan kedua bahan cuka dan air kedalam wadah, kemudian kocok/aduk hingga tercampur. Lalu usapkan pada wajah menggunakan kapas.

Takaran yang disarankan untuk dijadikan toner wajah:

Bila kulit anda berminyak, perbandingan antara cuka apel dan air = 1 : 1. Jika Anda memakai 10 sdm cuka apel, maka airnya pun harus sama 10 sdm juga.

Bila kulit anda sensitif, perbandingan antara cuka apel dan air = 1 : 4. Jika Anda menggunakan 3 sdm cuka apel, maka air yang anda perlukan sebanyak 12 sdm.

Bila kulit anda normal, perbandingan antar cuka apel dan air = 1 : 2. Jika Anda menggunakan 10 sdm cuka apel, maka air yang diperlukan sebanyak 20 sdm.

Mampu Mengatasi Masalah Jerawat

Kembali pada nomor 1 bahwa cuka apel dapat digunakan sebagai toner. Nah, toner inilah yang akan bekerja untuk mengatasi masalah jerawat yang ada pada kulit anda.

Dilansir dari womenshealthmag.com bahwa cuka apel memiliki kandungan seperti asam organik, sitrat, asetat, dll. Yang mana kandungan tersebut mampu membasmi bakteri yang menyebabkan jerawat dan asam hidroksi alfa (AHA) bekerja untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan lapisan sel yang baru dan sehat.

Cara penggunaan:

Gunakan toner dari cuka apel dengan takaran yang ditentukan. Anda bisa mengkombinasi dengan gel lidah buaya. Cukup dengan mencampurkan gel dengan campuran air dan cuka. Kemudian usapkan pada wajah.

Bila terjadi iritasi, maka hentikan pemakaian.

Mampu Mencegah Kerutan Pada Kulit Wajah

Kulit wajah Anda sudah mulai terlihat kerutan? Atasi masalah ini dengan cuka apel. Cuka apel memiliki kandungan asam hidroksi alfa (AHA) yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati dan memudarkan garis halus, keriput atau kerutan pada wajah.

Cara penggunaan:

Gunakan toner dari cuka apel dengan takaran yang ditentukan sesuai dengan jenis kulit. Usapkan menggunakan kapas diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas wajah. Gunakan secara rutin untuk hasil yang optimal.

Mampu Memudarkan Noda atau Flek Hitam

Sama halnya dengan poin ke-2 dan ke-3 bahwa kandungan asam alfa hidroksi (AHA) mampu mengurangi masalah jerawat dan kerutan. Kandungan (AHA) ini juga berfungsi untuk menghilangkan masalah bintik hitam, noda maupun flek hitam.

Cara penggunaan:

Gunakan toner terbuat dari cuka apel dan sesuaikan takaran dengan keadaan kulit wajah. Gunakan kapas lalu usapkan pada kulit wajah atau Anda bisa menggunakan botol dan menyemprotkannya. Hindari area mata.

Mampu Menyeimbangkan pH Kulit Wajah

Memiliki pH wajah yang seimbang sangat penting dalam kesehatan kulit. Jika Anda mengalami masalah pH kulit yang tidak seimbang maka dapat menyebabkan masalah kesehatan pada kulit. Hindari masalah tersebut dengan menggunakan cuka apel agar kadar pH kulit tetap seimbang.

Cara penggunaan:

Anda bisa menggunakan toner yang terbuat dari cuka apel dan menyesuaikan dosis takarannya sesuai keadaan kulit anda.

Tak hanya memberikan manfaat untuk kecantikan, penggunaan cuka apel juga memberikan manfaat bagus untuk kesehatan. Berikut manfaatnya.

Cuka Apel Untuk Kesehatan

Cuka Apel Untuk Kesehatan

Mampu Membantu Menurunkan Berat Badan

Cuka apel berkhasiat untuk Anda dalam program menurunkan berat badan. Dilansir dari sebuah laporan pada tahun 2018 dalam Journal of Functional Food bahwa cuka apel merupakan strategi yang efektif untuk mengurangi lemak visceral dan mereduksi simpanan lemak pada tubuh anda.

Sebuah studi di Jepang pada tahun 2009 menyebutkan bahwa mengkonsumsi cuka apel setiap hari mampu mengurangi berat badan serta massa lemak tubuh. Dan para ilmuwan berteori bahwa asam asetat yang terkandung di dalam cuka apel dapat memperlambat laju dimana gula akan dilepaskan ke dalam aliran darah dan mengurangi nafsu makan.

Cara penggunaan:

Anda bisa menambahkan cuka apel ke dalam olahan makanan Anda seperti dressing salad yang bisa anda tambahkan dengan 2 takaran sdm pada salad.

Bisa juga mencampurkannya dengan madu dengan takaran 2 sendok makan cuka apel dan 2 sendok makan madu murni yang bisa anda minum di pagi hari maupun sore hari.

Mampu Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat lainnya yang terdapat pada cuka apel adalah bahan ini bisa mengontrol atau menstabilkan tekanan darah anda. Terdapat beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa kandungan kalium dan potasium cuka apel mampu mengurangi kadar gula dan kolesterol serta dapat menyehatkan pembuluh darah.

Cara penggunaan:

Sama halnya dengan cara penggunaan nomor 1, Anda bisa menggunakan cuka apel sebagai bahan olahan makanan anda seperti salad, juice, kue maupun olahan makanan lainnya.

Mampu Membasmi Bakteri Jahat

Cuka apel juga berkhasiat dalam membunuh bakteri jahat yang ada pada tubuh. Zat utama yang terkandung di dalam bahan ini adalah asam asetat Yang mampu bekerja secara optimal dalam membunuh bakteri dan mencegahnya untuk berkembangbiak.

Cuka apel juga bisa digunakan sebagai desinfektan dan membantu untuk menyembuhkan luka agar tidak terinfeksi oleh bakteri dan kuman serta dapat digunakan sebagai pengawet makanan karena bahan ini dapat menghambat bakteri seperti ecoli yang bisa tumbuh pada makanan.

Mampu Bekerja Sebagai Energi Booster

Apabila anda merasa lelah dan badan terasa lesu, maka mengkonsumsi cuka apel bisa membantu anda untuk meningkatkan tingkat energi. Kandungan kalium dan enzim yang bekerja sebagai larutan elektrolit alami. Asam amino yang menangkal penumpukan asam laktat dalam tubuh bekerja untuk menghilangkan rasa lelah.

Cara penggunaan:

Cukup tambahkan 1 atau 2 sdm cuka apel ke dalam segelas air kemudian konsumsilah, maka tubuh anda akan kembali bugar dan anda akan mendapatkan kembali energi untuk melakukan aktivitas.

Mampu Mengatasi Masalah Bau Mulut

Masalah bau pada mulut dapat disebabkan oleh kuman atau bakteri serta sisa makanan yang masih menempel di sela-sela gigi. Untuk mengatasi masalah ini cobalah untuk berkumur menggunakan cuka apel karena asam asetat yang terkandung memiliki sifat antibakteri yang berfungsi untuk membasmi bakteri penyebab bau mulut yang tidak sedap.

Cara penggunaan:

Campurkan 1 – 2 sdm cuka apel pada segelas air lalu berkumur lah dengan larutan cuka apel tersebut ketika selesai menyikat gigi.

Kesimpulan

10 Manfaat cuka apel

Itulah tadi khasiat yang terdapat pada cuka apel selain bermanfaat untuk kecantikan, bahan ini juga bisa digunakan untuk kesehatan. Perlu diketahui bahwa untuk menggunakan cuka apel sebagai perawatan kecantikan sangat penting untuk mencari tahu informasi cara pemakaian, takaran serta efek samping pada kulit. karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda dan kandungan pada cuka apel bisa jadi tidak cocok untuk beberapa jenis kulit.

Untuk penggunaan kesehatan, gunakanlah cuka apel dengan wajar dan tidak berlebihan untuk menghindari masalah atau gangguan kesehatan lainnya.

Popular
Artikel Terkait
Menu