Skincare
authorRia Ariyanti

Ketahui Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Ketahui Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Tidak lengkap rasanya jika menggunakan rangkaian skincare tanpa memakai tabir surya. Apalagi jika sering melakukan aktifitas diluar ruangan tentunya akan berdampak pada kualitas kulit wajah jika tanpa menggunakan pelindung matahari. Tabir surya merupakan produk penting untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV).

Tabir surya pun memiliki dua jenis yaitu berupa sunscreen dan sunblock. Pasti beberapa orang belum mengetahui informasi perbedaan kedua produk ini. Yap terdengar mirip namun keduanya berbeda serta kandungan yang terdapat didalam produk pun jelas berbeda.

Yuk cari tahu perbedaan antara sunscreen dan sunblock disini ya!

Fungsi Produk

fungsi produk sunscreen dan sunblock

Sunscreen (Chemical Sunscreen)

Sunscreen bekerja untuk menyerap sebagian sinar UV sebelum menyentuh kulit dan melindungi dari sinar UVA dan UVB untuk sementara waktu tergantung dengan jumlah kandungan SPF yang terdapat di dalam sunscreen.

Dalam kata lain, suncreen berfungsi sebagai penghambat sinar matahari yang akan masuk kedalam kulit namun tidak sepenuhnya menghambat.

Sunblock (Physical Sunscreen)

Berbeda dengan cara kerja sunscreen, sunblock berfungsi sebagai “blocking” atau pencegah masuknya sinar UV ke dasar kulit.

Sunblock beerja sebagai pelindung fisik dan memantulkan sinar matahari yang menembus kulit secara langsung.

Pemakaian Produk

Pemakaian Produk sunscreen dan sunblock

Sunscreen

Pemakaian sunscreen cocok digunakan untuk yang tidak terlalu lama beraktifitas diluar ruangan. Jika kamu terlalu aktif berada di luar, alangkah baiknya menggunakan sunscreen yang memiliki kandungan SPF yang tinggi.

Karena semakin tinggi kandungan SPF nya maka durasi sunscreen di kulitmu akan bertahan lama.

Sunblock

Jika kamu sering beraktifitas diluar ruangan dengan durasi yang sangat lama, maka sunblock lebih cocok digunakan. Sunblock terbukti efektif dan mampu bertahan di permukaan kulit dengan durasi waktu yang lama.

Sunblock juga bagus di gunakan untuk orang yang memiliki kulit sensitif, dengan kandungan titanium dioksida dan seng zinc oksida yang mampu merawat kulit yang sensitif.

Kandungan Produk

Ketahui Perbedaan Sunscreen dan Sunblock 1

Sunscreen

Sunscreen memiliki kandungan berbagai jenis bahan kimia yang berfungsi untuk menyerap sinar UV. Selain itu, terdapat bahan aktif seperti oxybenzone atau avobenzone.

Perlu diperhatikan dalam memilih sunscreen, pastikan kamu memeriksa kandungan produknya karena beberapa orang memiliki kulit sensitif akan bahan-bahan kimia pada sunscreen seperti PABA (para-aminobenzoic acid).

Sunblock

Terdapat bahan aktif seperti titanium oksida dan seng oksida yang membuat sunblock lebih menghasilkan konsistensi yang lebih tebal.

Seng oksida yang bekerja untuk memecah panas dan sebagai penghalang radiasi. Titanium oksida memiliki function yang reflektif dan kestabilan yang baik dan tidak akan terurai dibawah paparan sinar matahari.

Kesimpulan

Kesimpulan - sunscreen dan sunblock

Penggunaan sunscreen dan sunblock sama-sama penting, namun jika disuruh memilih, sebaiknya perhatikan kondisi kulitmu terlebih dahulu agar terhindar dari masalah kulit jangan sampai membuat kulit wajahmu iritasi karena salah memilih dan jangan lupa untuk memperhatikan label kandungan produknya juga.

Selain jenis kulit, perhatikan juga dari segi aktifitas mu. Kedua produk memiliki ketahanan dan konsistensi yang berbeda. Jadi pastikan sesuai dengan kegiatanmu dulu ya!

Popular
Artikel Terkait
Menu